Salah satu masalah global terbesar yang kita hadapi adalah perubahan iklim. Efek negatif yang di rasakan, termasuk mencairnya lapisan es, perubahan pola cuaca, dan bahaya bagi banyak spesies hewan telah memunculkan gerakan menuju keberlanjutan dan pemenuhan kebutuhan sendiri.
Bangsa-bangsa dan perwakilan mereka telah memperdebatkan pendekatan terbaik untuk mengalihkan fokus dari sumber daya yang tidak terbarukan dan mencari alternatif.
Inovasi kontainer pengiriman yang ramah lingkungan.
Untuk mendukung langkah-langkah perubahan iklim, Produsen /supllier container telah mengambil serangkaian inisiatif untuk menjadi pemimpin dalam produksi dan distribusi kontainer pengiriman yang ramah lingkungan.
Salah satu langkah pertama yang di terapkan adalah perubahan bahan yang digunakan untuk mengecat kontainer pengiriman sekali jalan untuk peti kemas yang baru. Produsen container telah menggunakan cat VOC rendah yang secara signifikan tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan dibandingkan cat kontainer tradisional.
Penggunaan jenis cat
Kontainer saat ini dapat mempertahankan hasil akhir berkualitas tinggi yang melindungi wadah dari elemen dan bertahan untuk waktu yang lama. Dan juga menggunakan jenis cat yang sama ketika pelanggan memintaya untuk mengecat ulang wadah bekas atau menerapkan warna merek khusus.
Keputusan sadar lingkungan lainnya yaitu adalah menggunakan kayu Keruing Apitong untuk lantai kontainer. Keruing Apitong adalah jenis bambu yang ditekan menjadi kayu lapis dan disatukan untuk membuat lantai kayu lapis multi-lapis.
Jenis Kayu yang berkelanjutan
Jenis kayu ini tidak hanya melimpah, tetapi juga dapat dipanen dengan cara yang lebih berkelanjutan. Kualitas lantai kayu yang di pasang di wadah pada akhirnya menjadi sangat tinggi, memiliki kualitas retensi kelembaban rendah yang memastikan lantai tahan lama dan berkualitas tinggi.
Hal yang biasa terjadi di industri kita bahwa kontainer pengiriman menjadi rusak. Baik kerusakan terjadi di lokasi kerja atau dalam perjalanan, Praktik umum di seluruh produsen/supllier untuk mendaur ulang kontainer yang rusak dan menggunakan suku cadang bagus yang tersisa untuk memperbaiki unit lain. Misalnya, kita dapat menggunakan kembali pintu kontainer atau dinding logam lainnya untuk memperbaiki yang rusak.
Dan hal tersebut bisa dilakukan hal yang sama untuk bagian lantai yang rusak. Menggunakan kembali bahan dari wadah yang rusak, kemudian memperbaiki unit agar tetap tahan angin dan kedap air. Namun, yang perlu diperhatikan kerusakan yang memengaruhi integritas struktural unit yang dijual.
Sebagian besar produsen container ingin melakukan bagian keberlangsungan container dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih ramah lingkungan. Dan ini mendorong semua orang untuk mengambil langkah-langkah untuk melakukan hal yang sama. Baik Anda pemilik bisnis atau karyawan, diharapkan Anda akan mencari cara untuk meningkatkan praktik sehari-hari Anda.
Konstruksi modular container membantu mempercepat jadwal konstruksi di seluruh negeri, tetapi seperti teknologi baru lainnya, terkadang ada kesalahan-kesalahan umum yang terjadi. Untuk kontraktor dan pengembang, ada beberapa kesalahan desain bangunan modular container yang berulang. Untungnya, Anda dapat menghindari tantangan ini dengan perencanaan yang lebih baik, pendidikan, dan dengan bekerja dengan para ahlinya di lapangan.
Singkat Tentang Bangunan Modular Container
Konstruksi modular container adalah praktik membangun bagian dari struktur di fasilitas di luar lokasi dan kemudian merakitnya sebagai modul dalam struktur yang lebih besar. Anda dapat menganggap modul sebagai LegoTM batu bata ditumpuk menjadi struktur yang lebih besar dengan derek.
Bangunan modular container sangat ideal untuk bangunan dengan unit berulang. Berbeda dengan membangun di lokasi dari fondasi ke atas, bangunan modular menjaga sebagian besar proses pembangunan di lingkungan pabrik yang terkendali.
Ketika diterapkan dengan benar, pendekatan manufaktur untuk konstruksi dapat meningkatkan kontrol kualitas, membuat jadwal konstruksi yang tepat, dan secara dramatis mempersingkat waktu penyelesaian. Pangsa pasar konstruksi modular container terus berkembang selama dekade terakhir. Menurut McKinsey & Company, desain konstruksi modular container cenderung mempercepat jadwal proyek sebesar 20-50%.
1. Mengubah pesanan menghadirkan tantangan yang lebih besar
Bukan hal yang aneh dalam konstruksi tradisional untuk sedikit memutar desain selama build-out atau merencanakan periode perbaikan untuk memperbaiki kesalahan. Namun, dengan konstruksi modular, ada lebih sedikit ruang untuk improvisasi. Segera setelah modul masuk ke produksi, mengubah desain akhir bangunan mungkin sangat sulit atau hampir tidak mungkin karena perubahan dapat berdampak pada bagaimana modul-modul tersebut cocok satu sama lain. Sebaliknya, rencanakan fase desain yang lebih lama dan lebih kolaboratif.
Mengapa bekerja dengan seorang ahli:
Tim Anda harus memahami finalitas desain bangunan. Anda dapat mencegah perintah perubahan dengan mendorong kolaborasi antara arsitek, produsen modul, dan pejabat kode lokal sebelum modul apa pun masuk ke produksi.
Fase desain dalam konstruksi modular dapat berlangsung lebih lama, tetapi juga secara dramatis mempersingkat fase manufaktur dan perakitan. Desain yang diperiksa secara menyeluruh juga akan membuat jadwal dan anggaran proyek yang jauh lebih andal.
2. Beberapa pejabat bangunan lokal tidak terbiasa dengan bangunan modular container
Biasanya, pejabat bangunan setempat mengirim inspektur ke lokasi konstruksi beberapa kali untuk memeriksa setiap fase pembangunan. Mereka mungkin tidak yakin bagaimana menilai keamanan sebuah bangunan jika modul yang telah selesai sepenuhnya tiba di bagian belakang truk. Sebaliknya, berkomunikasilah dengan otoritas yang memiliki yurisdiksi sebelum Anda membangun.
Mengapa bekerja dengan seorang ahli:
Solusinya bervariasi dengan lokasi situs bangunan. Beberapa negara bagian telah membuat program pembangunan pabrik dan telah mengambil langkah-langkah untuk membiasakan pejabat bangunan dengan konstruksi di luar lokasi. Yurisdiksi lain tidak memberikan panduan kepada pejabat gedung, mendorong mereka untuk membuat keputusan satu kali tentang struktur modular.
Lakukan penelitian tentang program pembangunan modular yang ada dan hubungi pejabat bangunan selama fase desain. Mempersiapkan desain yang disetujui oleh insinyur dapat membantu kasus Anda. Jika produsen modul relatif lokal, pejabat gedung dapat memilih untuk memeriksa proses pabrik. Berdasarkan pengalaman umumnya, petugas gedung hanya ingin menjaga keselamatan orang. Mereka akan bekerja dengan Anda jika Anda mengulangnya lebih awal dan transparan.
3. Melintasi beberapa batas negara bagian dengan muatan yang terlalu besar berarti banyak biaya perizinan
Dalam studi kasus dari laporan “Konstruksi Modular Permanen”, seorang pengembang menyesalkan bahwa pengangkutan modul mereka dari fasilitas manufaktur ke lokasi kerja merupakan biaya tambahan yang besar, sebagian karena memungkinkan muatan yang terlalu besar. Modul mereka cukup lebar untuk memerlukan izin beban yang terlalu besar dari masing-masing dari enam negara bagian yang mereka lewati. Mempekerjakan pengemudi utama dan membeli enam izin untuk masing-masing modul mereka meningkatkan anggaran mereka.
Mengapa bekerja dengan seorang ahli:
Merekomendasikan untuk menyewa pabrikan lokal untuk merancang modul yang sesuai dengan batasan truk. Salah satu keuntungan memilih modul berbasis kontainer pengiriman adalah bahwa mereka muat ke tempat tidur trukkan Jika modifikasi tidak menambah lebar atau tingginya, modul kontainer tidak memerlukan izin kebesaran untuk pengangkutan.
4. Malfungsi modular container sebelum perakitan bisa menjadi mahal
Kepedulian nirlaba untuk Hidup Mandiri membangun apartemen modular di New York City dengan tujuan menciptakan perumahan yang terjangkau. Sayangnya, mereka mengalami biaya tak terduga ketika modul tiba sebelum mereka bisa mendapatkan izin muatan yang terlalu besar dari kota. Karena penundaan itu, organisasi nirlaba memiliki tugas yang tidak menyenangkan untuk menemukan penyimpanan untuk seluruh gedung apartemen dalam waktu singkat.
Meskipun mereka akhirnya merakit struktur dalam dua belas hari yang mengesankan, menyimpan modul saat mereka menunggu izin adalah biaya yang signifikan dan tak terduga.
Mengapa bekerja dengan seorang ahli:
Solusi terbaik adalah menghindari skenario ini sepenuhnya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, berkomunikasilah dengan pejabat gedung sebelum membuat. Tentukan izin transportasi apa yang Anda perlukan dan cari tahu berapa banyak modul yang dapat Anda simpan di area pementasan Anda. Jika ruang Anda terbatas, Anda mungkin ingin pabrikan mengirimkan modul secara bertahap, bukan sekaligus. Idealnya, sejumlah modul yang dapat diatur akan tiba setiap hari, dan sebuah derek akan menumpuknya saat mereka tiba.
5. Tanggung jawab bisa jadi tidak jelas
Tanggung jawab adalah tantangan untuk setiap proyek yang melibatkan banyak pemain dan bidak. Misalnya, jika modul rusak selama transportasi, siapa yang bertanggung jawab? Produsen modul? Layanan truk? Pemilik gedung? Yang terbaik adalah menyusun syarat dan ketentuan sebelum membuat.
Mengapa bekerja dengan seorang ahli:
Jelaskan siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan selama transportasi dan cacat lainnya dalam jaminan produk yang didukung asuransi. Sama seperti orang lain di tim bangunan Anda, dapatkan pengacara Anda lebih awal untuk membahas syarat dan ketentuan.
Kelebihan Desain Bangunan Modular Container
Sukses dengan konstruksi modular berarti menempatkan sejumlah besar pemikiran dan perencanaan ke dalam fase desain. Terlepas dari itu, bukti menunjukkan hasil yang signifikan dalam keseluruhan waktu proyek jika konstruksi modular diterapkan dengan benar.
Desain konstruksi modular memungkinkan tim untuk menyelesaikan proyek dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada konstruksi tradisional, berkat lingkungan yang terkendali dari fasilitas di luar lokasi.
Tim produksi di luar lokasi menciptakan kualitas kerja yang konsisten dengan menggunakan material secara lebih efisien. Biaya konstruksi modular seringkali lebih dapat diprediksi, memungkinkan perusahaan untuk tetap sesuai anggaran.
Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mendorong produksi/ jasa reefer container buatan domestik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk laut dan penangkapan ikan.
Kemenko Marves sendiri mengembangkan pengujian reefer cointainer yang diproduksi oleh anak-anak bangsa di Madiun, Timur Jawa, dengan kapasitas 1 ton, 2 Ton dan 5 Ton.
"Reefer container ini telah diuji dan dapat bekerja dengan baik. Ini adalah hasil kerja sama antara industri kereta api PT Industri Kereta Api (PT INKA) dan PT Kelola Mina Laut (PT KML). Dengan keberhasilan ini, kita harus terus mengawal dan mendorong scale up-nya menuju produksi massal, "kata Asisten Deputi Hilirisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Amalyos Chan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.
Direktur Jenderal PT INKA Junaidi menyatakan bahwa pembuatan kontainer rujukan berisi konten lokal yang disesuaikan serta ketentuan TKDN Menteri Industri. "Kontainer referensi ini berisi konten lokal 71%. Dalam hal ini, produksi kontainer referensi mampu berkontribusi pada kekerasan gerakan bangga yang dibuat di Indonesia, "katanya.
Produksi atau jasa reefer container adalah cara untuk meningkatkan produksi produk perikanan dan angkatan laut. Dengan adanya reefer container, produk perikanan segar, mampu mempertahankan kualitasnya untuk negara tujuan selama ekspor atau ketika dikirim ke setiap wilayah di Indonesia.
Ini adalah formulir Indonesia yang membentuk perusahaan industri berdasarkan sistem rantai dingin atau sistem rantai dingin untuk produk laut dan perikanan Indonesia.
Penggunaan reefer container rumah tangga untuk merujuk juga menerima dukungan dari berbagai asosiasi yang terlibat dalam Angkatan Laut dan perikanan di Indonesia.
Presiden Umum Asosiasi Rantai Pendinginan Indonesia (ARPI) Hasanuddin Yasni mengevaluasi reefer container akan membantu meningkatkan hilirisasi industri maritim dan perikanan Indonesia.
"Tempat penyimpanan produk laut dan penangkapan ikan dalam bentuk reefer container akan sangat berkontribusi pada peningkatan hilirisasi industri angkatan laut dan perikanan Indonesia. Kami menerapkan peti kemas pendingin ini nanti untuk nelayan kami, sehingga kualitas dan kualitas produk penangkapannya semakin kompetitif, "kata Yasni.
Open Top Container adalah container multifungsi yang telah dimodifikasi khusus sehingga penutup atas dapat dibuka dan dilepas untuk memudahkan proses bongkar muat barang. Selain itu, atap kontainer dengan atap terbuka ini dilapisi dengan terpal berkualitas tinggi untuk memungkinkan bongkar muat barang berat yang efisien dan mudah, karena diperlukan atap yang lebih rendah.
Sesuai dengan namanya, open top container adalah jenis container yang bagian atasnya terbuka. Jika ada tiga sisi terbuka dalam wadah rak datar, maka hanya bagian atas yang terbuka dengan wadah atas terbuka ini. Penggunaannya mirip dengan wadah jaring datar untuk menampung muatan besar, terutama dalam hal ketinggian muatan.
Atau dalam ukuran metrik, yaitu panjang sekitar 6,06 m, lebar 2,44 m, dan tinggi 2,56 m. Bahan-bahan ini adalah bahan yang biasa digunakan untuk pengering standar atau container dengan tujuan umum, sembilan puluh persen di antaranya adalah jenis ini. Karena ukuran dan bentuknya, kemasannya juga memiliki variasi yang berbeda
.Namun, ada standar Organisasi Internasional untuk Standardisasi untuk meminimalkan perbedaan di masing-masing negara. Container yang berpendingin digunakan untuk mengangkut barang yang memerlukan suhu pendinginan, seperti sayuran, daging, dll.
Selain ukurannya, wadah juga dicirikan oleh fungsi dan kegunaannya. Tangki container adalah jenis container yang digunakan untuk mengangkut cairan industri yang sebagian besar berupa bahan kimia atau bahan bakar. Kemudian ada standar tersendiri untuk bongkar muat peti kemas di kapal atau terminal.
Namun, perhatikan bahwa dimensi container di setiap seri dapat bervariasi, meskipun tidak terlalu banyak. Fungsi ini memudahkan untuk memuat dan menurunkan barang. Apalagi jika barang tersebut sulit dimuat dengan pintu biasa.
Dalam hal kegiatan ekspor dan impor, peti kemas atau container tidak dapat dipisahkan. Kontainer khusus untuk barang yang mengangkut alat atau mesin berat atau produk besar dengan dimensi lebih besar dari kontainer standar yang dikenal sebelumnya.
Open Top Container
Biasanya, container ini memiliki panjang 40 kaki. Dengan bentuk yang menutupi semua bagian untuk melindungi produk di semua iklim, Container ini banyak digunakan untuk mengirimkan produk kering. Wadah juga dirancang agar dapat digunakan berulang kali. Dengan bentuk yang kuat dan material yang kuat, penggunaan container sebaiknya menggabungkan beberapa muatan menjadi satu dan mudah dipindahkan dan ditumpuk untuk penyimpanan.
Container dengan atas terbuka terbuat dari baja Corten, yang sangat tahan cuaca dan tahan korosi, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang, lebih ramah perawatan, dan terkait dengan biaya pengoperasian yang rendah.
Peti kemas pintu samping digunakan untuk memindahkan muatan yang berukuran besar dan tidak memungkinkan akses melalui pintu belakang peti kemas.
Contoh barang besar seperti pipa, kabel, bijih besi, barang manufaktur, kayu, bahkan bahan tambang. Hasil akhirnya adalah barang-barang yang terlalu berat untuk diangkat dengan mesin berat atau terlalu besar untuk diangkut dalam wadah tradisional.
Dimensi peti kemas setinggi 40 kaki adalah panjang 40 kaki, lebar 8 kaki dan tinggi 9,6 kaki atau panjang 12,19 m, lebar 2,44 m, dan tinggi 2,59 m. Panjangnya 20 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 8,6 meter.
Container Rak Datar
Disebut juga dengan tangki container, jenis container yang digunakan untuk mengangkut cairan industri yang sebagian besar berupa bahan kimia atau bahan bakar. Terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tahan karat.
Dengan atap yang dapat dilepas, container ini sangat cocok untuk memuat barang-barang yang sulit dimuat melalui pintu umum, seperti barang-barang besar yang hanya dapat diangkut dengan crane.
Berbagai jenis peti kemas ini juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan barang yang memerlukan penanganan berbeda dalam proses pengirimannya.
Nah dibawah ini akan kami jelaskan macam-macam jenis container atau peti kemas tergantung dari ukuran dan jenis muatannya. Peti kemas harus memungkinkan pengangkutan barang dengan moda transportasi yang berbeda seperti pesawat, kapal, kereta api atau truk tanpa harus membongkar barang. Selain ukurannya, container juga dicirikan oleh fungsi dan kegunaannya.
Secara umum, peti kemas yang paling umum dan umum kami temukan adalah peti kemas kargo umum. Selain itu, ada berbagai jenis wadah yang telah dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan tertentu. Berikut penjelasan jenis dan ukuran peti kemas yang saya ambil dari daftar perlengkapan standar internasional di kapal pesiar yang sering saya gunakan untuk mengirimkan kargo saya.
Berbeda dengan peti kemas rak datar yang juga tidak memiliki atap, peti kemas terbuka memiliki dinding untuk melindungi barang. Namun, untuk melindungi barang tersebut, diperlukan terpal untuk menutupi bagian atasnya.
Peti kemas open top atau peti kemas dengan atap terbuka sangat cocok untuk pengangkutan benda atau barang yang tinggi dan tidak dapat dimuat ke dalam peti kemas standar. Tradecorp memiliki open top 20 dengan unit container soft top dengan kapasitas muat yang besar.
Open Top Container cocok untuk pengangkutan kargo yang terlalu tinggi untuk kontainer standar. Perusahaan yang sering menggunakan crane untuk memindahkan dan mengirimkan barang berukuran besar sering kali menggunakan kontainer bukaan atas agar prosesnya cepat dan efisien.
Container tangki adalah tangki baja yang dibangun di dalam kerangka wadah dan digunakan untuk mengangkut tangki yang diisi dengan barang-barang berbahaya seperti gas, minyak, bahan kimia yang mudah meledak.