Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mendorong produksi/ jasa reefer container buatan domestik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk laut dan penangkapan ikan.
Kemenko Marves sendiri mengembangkan pengujian reefer cointainer yang diproduksi oleh anak-anak bangsa di Madiun, Timur Jawa, dengan kapasitas 1 ton, 2 Ton dan 5 Ton.
"Reefer container ini telah diuji dan dapat bekerja dengan baik. Ini adalah hasil kerja sama antara industri kereta api PT Industri Kereta Api (PT INKA) dan PT Kelola Mina Laut (PT KML). Dengan keberhasilan ini, kita harus terus mengawal dan mendorong scale up-nya menuju produksi massal, "kata Asisten Deputi Hilirisasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Amalyos Chan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.
Direktur Jenderal PT INKA Junaidi menyatakan bahwa pembuatan kontainer rujukan berisi konten lokal yang disesuaikan serta ketentuan TKDN Menteri Industri. "Kontainer referensi ini berisi konten lokal 71%. Dalam hal ini, produksi kontainer referensi mampu berkontribusi pada kekerasan gerakan bangga yang dibuat di Indonesia, "katanya.
Produksi atau jasa reefer container adalah cara untuk meningkatkan produksi produk perikanan dan angkatan laut. Dengan adanya reefer container, produk perikanan segar, mampu mempertahankan kualitasnya untuk negara tujuan selama ekspor atau ketika dikirim ke setiap wilayah di Indonesia.
Ini adalah formulir Indonesia yang membentuk perusahaan industri berdasarkan sistem rantai dingin atau sistem rantai dingin untuk produk laut dan perikanan Indonesia.
Penggunaan reefer container rumah tangga untuk merujuk juga menerima dukungan dari berbagai asosiasi yang terlibat dalam Angkatan Laut dan perikanan di Indonesia.
Presiden Umum Asosiasi Rantai Pendinginan Indonesia (ARPI) Hasanuddin Yasni mengevaluasi reefer container akan membantu meningkatkan hilirisasi industri maritim dan perikanan Indonesia.
"Tempat penyimpanan produk laut dan penangkapan ikan dalam bentuk reefer container akan sangat berkontribusi pada peningkatan hilirisasi industri angkatan laut dan perikanan Indonesia. Kami menerapkan peti kemas pendingin ini nanti untuk nelayan kami, sehingga kualitas dan kualitas produk penangkapannya semakin kompetitif, "kata Yasni.
Open Top Container adalah container multifungsi yang telah dimodifikasi khusus sehingga penutup atas dapat dibuka dan dilepas untuk memudahkan proses bongkar muat barang. Selain itu, atap kontainer dengan atap terbuka ini dilapisi dengan terpal berkualitas tinggi untuk memungkinkan bongkar muat barang berat yang efisien dan mudah, karena diperlukan atap yang lebih rendah.
Sesuai dengan namanya, open top container adalah jenis container yang bagian atasnya terbuka. Jika ada tiga sisi terbuka dalam wadah rak datar, maka hanya bagian atas yang terbuka dengan wadah atas terbuka ini. Penggunaannya mirip dengan wadah jaring datar untuk menampung muatan besar, terutama dalam hal ketinggian muatan.
Atau dalam ukuran metrik, yaitu panjang sekitar 6,06 m, lebar 2,44 m, dan tinggi 2,56 m. Bahan-bahan ini adalah bahan yang biasa digunakan untuk pengering standar atau container dengan tujuan umum, sembilan puluh persen di antaranya adalah jenis ini. Karena ukuran dan bentuknya, kemasannya juga memiliki variasi yang berbeda
.Namun, ada standar Organisasi Internasional untuk Standardisasi untuk meminimalkan perbedaan di masing-masing negara. Container yang berpendingin digunakan untuk mengangkut barang yang memerlukan suhu pendinginan, seperti sayuran, daging, dll.
Selain ukurannya, wadah juga dicirikan oleh fungsi dan kegunaannya. Tangki container adalah jenis container yang digunakan untuk mengangkut cairan industri yang sebagian besar berupa bahan kimia atau bahan bakar. Kemudian ada standar tersendiri untuk bongkar muat peti kemas di kapal atau terminal.
Namun, perhatikan bahwa dimensi container di setiap seri dapat bervariasi, meskipun tidak terlalu banyak. Fungsi ini memudahkan untuk memuat dan menurunkan barang. Apalagi jika barang tersebut sulit dimuat dengan pintu biasa.
Dalam hal kegiatan ekspor dan impor, peti kemas atau container tidak dapat dipisahkan. Kontainer khusus untuk barang yang mengangkut alat atau mesin berat atau produk besar dengan dimensi lebih besar dari kontainer standar yang dikenal sebelumnya.
Open Top Container
Biasanya, container ini memiliki panjang 40 kaki. Dengan bentuk yang menutupi semua bagian untuk melindungi produk di semua iklim, Container ini banyak digunakan untuk mengirimkan produk kering. Wadah juga dirancang agar dapat digunakan berulang kali. Dengan bentuk yang kuat dan material yang kuat, penggunaan container sebaiknya menggabungkan beberapa muatan menjadi satu dan mudah dipindahkan dan ditumpuk untuk penyimpanan.
Container dengan atas terbuka terbuat dari baja Corten, yang sangat tahan cuaca dan tahan korosi, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang, lebih ramah perawatan, dan terkait dengan biaya pengoperasian yang rendah.
Peti kemas pintu samping digunakan untuk memindahkan muatan yang berukuran besar dan tidak memungkinkan akses melalui pintu belakang peti kemas.
Contoh barang besar seperti pipa, kabel, bijih besi, barang manufaktur, kayu, bahkan bahan tambang. Hasil akhirnya adalah barang-barang yang terlalu berat untuk diangkat dengan mesin berat atau terlalu besar untuk diangkut dalam wadah tradisional.
Dimensi peti kemas setinggi 40 kaki adalah panjang 40 kaki, lebar 8 kaki dan tinggi 9,6 kaki atau panjang 12,19 m, lebar 2,44 m, dan tinggi 2,59 m. Panjangnya 20 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 8,6 meter.
Container Rak Datar
Disebut juga dengan tangki container, jenis container yang digunakan untuk mengangkut cairan industri yang sebagian besar berupa bahan kimia atau bahan bakar. Terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tahan karat.
Dengan atap yang dapat dilepas, container ini sangat cocok untuk memuat barang-barang yang sulit dimuat melalui pintu umum, seperti barang-barang besar yang hanya dapat diangkut dengan crane.
Berbagai jenis peti kemas ini juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan barang yang memerlukan penanganan berbeda dalam proses pengirimannya.
Nah dibawah ini akan kami jelaskan macam-macam jenis container atau peti kemas tergantung dari ukuran dan jenis muatannya. Peti kemas harus memungkinkan pengangkutan barang dengan moda transportasi yang berbeda seperti pesawat, kapal, kereta api atau truk tanpa harus membongkar barang. Selain ukurannya, container juga dicirikan oleh fungsi dan kegunaannya.
Secara umum, peti kemas yang paling umum dan umum kami temukan adalah peti kemas kargo umum. Selain itu, ada berbagai jenis wadah yang telah dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan tertentu. Berikut penjelasan jenis dan ukuran peti kemas yang saya ambil dari daftar perlengkapan standar internasional di kapal pesiar yang sering saya gunakan untuk mengirimkan kargo saya.
Berbeda dengan peti kemas rak datar yang juga tidak memiliki atap, peti kemas terbuka memiliki dinding untuk melindungi barang. Namun, untuk melindungi barang tersebut, diperlukan terpal untuk menutupi bagian atasnya.
Peti kemas open top atau peti kemas dengan atap terbuka sangat cocok untuk pengangkutan benda atau barang yang tinggi dan tidak dapat dimuat ke dalam peti kemas standar. Tradecorp memiliki open top 20 dengan unit container soft top dengan kapasitas muat yang besar.
Open Top Container cocok untuk pengangkutan kargo yang terlalu tinggi untuk kontainer standar. Perusahaan yang sering menggunakan crane untuk memindahkan dan mengirimkan barang berukuran besar sering kali menggunakan kontainer bukaan atas agar prosesnya cepat dan efisien.
Container tangki adalah tangki baja yang dibangun di dalam kerangka wadah dan digunakan untuk mengangkut tangki yang diisi dengan barang-barang berbahaya seperti gas, minyak, bahan kimia yang mudah meledak.